Roro Mendut



Judul : Roro Mendut
Tahun Terbit : 2015
Format : Standar
Tebal : 85 halaman (hitam-putih)
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Cerita : Gerdi WK
Gambar : Gerdi WK
Gambar Cover : Gerdi WK
Harga : Rp. 24.000,-
Stok : Ada
Kontak : Chairul Agus Saptono - 0818269291



Sinopsis:

Roro Mendut mengambil latar belakang pada tahun 1600-an pada era kerajaan Mataram Islam khususnya di daerah sekitar Pati, Jawa Tengah. Tersebutlah Roro Mendut, seorang kembang desa yang hidup di wilayah yang berada di bawah kekuasaan Adipati Pragolo. Roro Mendut memiliki seorang kekasih bernama Pranacitra yang merupakan anak dari seorang saudagar bernama Nyai Barong.

Kecantikan Roro Mendut yang termahsyur menyebabkan sang adipati ingin menjadikan Roro Mendut sebagai selirnya dan memboyongnya ke istana. Tak lama waktu berselang, kekuasaan sang adipati jatuh oleh serangan kerajaan Mataram. Sang Tumenggung kerajaan Mataram yang bernama Wiroguno tertarik oleh kecantikan Roro Mendut dan ingin menjadikannya sebagai selir. Roro Mendut mencoba sekuat tenaga menolak tawaran tersebut. Sang Tumenggung bersedia menerima tawaran tersebut dengan syarat Roro Mendut membayar pajak yang sangat tinggi.

Dalam kebingungan, Roro mendut berkeliling di pasar untuk mencari ilham. Melihat banyaknya masyarakat yang menikmati rokok, Roro Mendut memutuskan menjadi seorang pedagang rokok untuk membayar pajak yang ditetapkan oleh Tumenggung Wiroguno.



Baca juga:

Ulasan Komik: Roro Mendut Karya Gerdi WK & Metha Studio oleh Kaori Nusantara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar